Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

IDENTIFIKASI ORGAN SISTEM PEREDARAN DARAH


NAMA KELOMPOK :

1 . Erry Dwi A (101644205)

2. Eko Mauludin.S (101644210)

3. Titik Rohmatin (101644244)

PGSD / A /2010

A. Tujuan : Untuk Mengidentifikasi organ penyusun sistem peredaran manusia

B . Dasar Teori

Transportasi ialah proses pengedaran berbagai zat yang diperlukan ke seluruh tubuh dan pengambilan zat-zat yang tidak diperlukan untuk dikeluarkan dari tubuh.
Alat transportasi pada manusia terutama adalah darah. Di dalam tubuh darah beredar dengan bantuan alat peredaran darah yaitu jantung dan pembuluh darah.Jantung berfungsi memompa darah, sedangkan pembuluh darah bertugas mengalirkan darah dari jantung hingga sampai ke jaringan tubuh.Selain peredaran darah, pada manusia terdapat juga peredaran limfe (getah bening) dan yang diedarkan melalui pembuluh limfe. Alat peredaran darah adalah jantung dan pembuluh darah.

Macam-macam sistem peredaran darah adalah :

1. Sistem peredaran darah tertutup

Dalam keadaan normal darah ada didalam pembuluh darah, ujung arteri bersambung dengan kapiler darah dan kapiler darah bertemu dengan vena terkecil (venula) sehingga darah tetap mengalir dalam pembuluh darah walaupun terjadi pertukaran zat, hal ini disebut sistem peredaran darah tertutup.

2. Peredaran darah ganda

Peredaran darah ganda pada manusia, terdiri peredaran darah kecil (jantung –paru-paru – kembali ke jantung) dan peredaran darah besar (jantung – seluruh tubuh dan kembali ke jantung). Peredaran ini melewati jantung sebanyak 2 kali.

3. Peredaran Limfe (Getah Bening)

Selain peredaran darah, pada manusia terdapat juga peredaran limfe atau peredaran getah bening. Peredaran getah bening merupakan peredaran terbuka, yaitu dimulai dari dalam jaringan dan berakhir pada pembuluh balik bawah selangka (vena sub klavia).

Cairan ini berasal dari darah yang keluar melalui dinding kapiler lalu masuk ke ruang antarsel, dan kemudian masuk ke pembuluh halus yang disebut pembuluh getah bening (limfe). Dari pembuluh limfe kecil, kemudian berkumpul pada pembuluh getah bening yang besar, dan yang terakhir masuk ke vena sub klavia.

Pembuluh limfe besar ada dua macam, yaitu:

· Sistem pembuluh limfe dada (ductus thoraxicus): mengalirkan limfe dari bagian tubuh sebelah bawah, dan bagian tubuh atas sebelah kiri ke pembuluh vena bawah selangka kiri.

· Sistem pembuluh limfe dada kanan (ductus limfaticus dexter): mengalirkan limfe dari daerah kepala, leher, dada, paru-paru, jantung dan lengan kanan ke vena bawah selangka kanan.

Di sepanjang pembuluh limfe terdapat kelenjar limfe yang merupakan penyaring kuman. Beberapa kelenjar limge yang besar adalah:

· kelenjar limfe lipat siku, lipat dada, ketiak, lutut, dan leher.

· di selaput lendir usus.

· kelenjar folikel pangkal lidah.

· tonsil, amandel, dan pada adenoid.

Seperti aliran darah pada vena, aliran getah bening disebabkan oleh tekanan otot rangka yang terdapat di sekitar pembuluh getah bening. Dan untuk menjaga agar aliran getah bening dapat lancar, disepanjang pembuluh terdapat katup. Persis seperti vena.

C. Alat dan Bahan : 1. Kertas

2. Pensil

3. Model Sistem Peredaran Darah Manusia

D. Langkah Kerja :

1. Mengambil model sistem peredaran darah manusia di atas lemari di laboratorium

2. Mengamati model sistem peredaran darah manusia

3. Mengidentifikasi ciri-ciri organ penyusun sistem peredaran darah manusia
4.
Mencatat hasil pengamatan

A . Pembahasan

1. Jantung

Jantung mempunyai empat ruang yang terbagi sempurna yaitu dua serambi (atrium) dan dua bilik (ventrikel) dan terletak di dalam rongga dada sebelah kiri di atas diafragma. Jantung terbungkus oleh kantong perikardium yang terdiri dari 2 lembar :

a. lamina panistalis di sebelah luar
b. lamina viseralis yang menempel pada dinding jantung

Jantung memiliki katup atrioventikuler (valvula bikuspidal) yang terdapat di antara serambi dan bilik jantung yang berfungsi mencegah aliran dari bilik keserambi selama sistol dan katup semilunaris (katup aorta dan pulmonalis) yang berfungsi mencegah aliran balik dari aorta dan arteri pulmonalis kiri ke bilik selama diastole.


Jantung merupakan alat pemompa darah, terletak didalam rongga dada dan diatas diafragma. Jantung mempunyai bagian-bagian sebagai berikut:

a. Dinding jantung: terdiri atas tiga lapis, yaitu

  • epikardium (lapisan luar)
  • perikardium (selaput pembungkus jantung)
  • miokardium (otot jantung)
  • endokardium (selaput yang melapisi ruangan jantung)

b. Ruangan jantung: terdiri atas 4 ruangan yaitu

  • serambi (atrium) kanan dan kiri
  • serta dua bilik (ventrikel) kanan dan kiri
    • Pada bayi yang belum lahir, antara serambi kanan dan serambi kiri terdapat lubang yang disebut foramen ovale. Lubang ini berfungsi sebagai bypass aliran darah karena belum berfungsinya paru-paru janin.

c. Katup jantung: untuk menjaga agar aliran darah tetap searah. Ada tiga macam katup jantung:

  • valvula trikuspidalis (berdaun tiga): terdapat di antara atrium kanan dan ventrikel kanan
  • valvula bikuspidalis (berdaun dua): terdapat di antara atrium kiri dan ventrikel kiri
  • valvula semilunaris (bentuk bulan sabit): terdapat pada pangkal batang aorta

d. Saraf jantung

  • Sinoatrium Node (SA Node): terdapat pada atrium kanan
  • Atrioventricular Node (AV Node): terdapat pada sekat antara atrium dan ventrikel


pembuluh darah

Ada 3 macam pembuluh darah yaitu: arteri, vena, dan kapiler (yang merupakan pembuluh darah halus)

Pembuluh Nadi (arteri)

· Tempat Agak ke dalam

· Dinding Pembuluh Tebal, kuat, dan elastis

· Aliran darah Berasal dari jantung

· Denyut terasa

· Katup Hanya disatu tempat dekat jantung

· Bila ada luka Darah memancar keluar

Pembuluh Vena

1. Dinding Pembuluh Tipis, tidak elastis

2. Dekat dengan permukaan tubuh (tipis kebiru-biruan)

3. Aliran darah Menuju jantung

4. Denyut tidak terasa

5. Katup Disepanjang pembuluh

6. Bila ada luka Darah Tidak memancar

Arteri : Merupakan pembuluh darah yang mengalirkan darah keluar dari jantung. Bila sampai di jaringan, arteri bercabang-cabang kecil yang disebut arteriole. Pembuluh arteri bersifat elastis dan darah yang mengalir tekanannya kuat karena memperoleh pemompaan langsung dari jantung.

Vena : Merupakan pembuluh yang mengalirkan darah kembali menuju ke jantung. Pembuluh vena yang menyebar di jaringan bercabang-cabang kecil dan disebut venula. Vena kurang elastis bila dibandingkan dengan arteri dan darah yang mengalir tekanannya rendah karena aliran darah pada vena berdasarkan sistem katup dan pompa otot. Vena biasanya terletak di permukaan tubuh di bawah kulit, sedangkan arteri lebih ke dalam.





A . Kesimpulan

Bahwa sistem peredaran darah manusia terdiri atas jantung, sistem saraf jantung dan pembuluh darah, dimana pembuluh darah ada dua, yaitu arteri dan nadi. Pusat peredaran darah terletak pada jantung, yang akan disampaikan oleh saraf jantung dan pembuluh darah arteri dan nadi.






A.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar